Sunday, December 4, 2011

Tips hilangkan sakit kepala tanpa Obat

Posted by kang obet  |  at  6:38 PM No comments

Sakit Kepala
ilustrasi : sakit kepala
Salah satu penyakit yang terkesan sepele tetapi sangat mengganggu aktifitas adalah sakit kepala. Hampir semua orang pasti pernah mengalami penyakit yang satu ini. Salah satu penyebab penyakit ini adalah stres.

Tak jarang pula diantara kita yang sering kali menderita penyakit ini, bahkan ada pula yang hampir setiap hari mengeluh karena hampir setiap hari pula menderitanya. Intensitas sakit kepala membuat kita selalu mengkonsumsi obat pereda sakit kepala tapi bagaimanakah dengan tubuh kita bila terlalu sering meminumnya? bagaimana pula dengan sakit kepala anda bila tidak mengkonsumsinya?

Ada beberapa cara yang bisa meredakan sakit anda tanpa harus selalu mengandalkan obat sakit kepala.

1.Terapi Dingin Panas.

Terapi yang satu ini  cocok untuk sakit kepala ringan (bukan migrain) karena saat menderita sakit kepala, sensasi panas maupun dingin dibutuhkan. Anda cukup menempelkan kompres panas atau dingin di bagian yang terasa sakit, lalu biarkan selama 15 menit.Kini juga tersedia kompres yang lebih praktis, biasanya dijual di apotek retail.

"Pilihan kompres panas atau dingin itu tergantung pada preferensi Anda," ungkap Jason Rosenberg, MD, direktur Johns Hopkins Headache Center, Bayview, Baltimore.

Para ahli belum mengetahui kenapa terapi jenis ini bisa efektif, namun diperkirakan kompres panas dapat meredakan nyeri dan meningkatkan aliran darah.Sedangkan kompres dingin mampu mengurangi inflamasi dan memperlambat aliran darah.

2. Teknik Relaksasi.

Melakukan peregangan pada bagian bahu dan leher bisa merelaksasikan otot yang kaku serta mengambil nafas dalam - dalam selama beberapa kali, yang berkontribusi pada sakit kepala.

Direktur Swedish Headache Center di Seattle, Sheena Aurora,MD menganjurkan cara ini saat anda menderita sakit kepala karena anda stres. Sementara itu dengan melakukan peregangan akan memperbaiki postur tubuh yang buruk. Hal ini juga merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya sakit kepala.

3.Mengkonsumsi Teh peppermint.

Meminum teh peppermint sangat cocok dilakukan saat anda sakit kepala. Terlebih lagi bila sakit kepala anda juga diiringi kondisi perut yang tidak nyaman.

"Peppermint terbukti dapat meredakan ketegangan di saluran gastrointestinal, sekaligus meredakan gejala sakit kepala," ujar Direktur Manhattan Center for Headache and Neurology, Audrey L. Halpern, MD.

Sementara itu Halpern juga menjelaskan perubahan neurokimia pada otak karena sakit kepala bisa mempengaruhi otak yang dapat mengakibatkan rasa mual. Teh peppermint inilah yang akan membantu meredakan rasa tidak nyaman tersebut. Ketika anda dalam masa kehamilan, sebaiknya tidak mengkonsumsi teh peppermint sebelum meminta penjelasan dari dokter.

4. Meminum kopi

Meminum kopi juga bisa menjadi obat yang manjur saat anda sakit kepala, karena Kafein yang terkandung di dalam kopi dapat menghambat adenosine, sejenis neurotransmiter yang bisa mengakibatkan pembuluh darah melebar dan menimbulkan tekanan. Meminum minuman mengandung kafein sesaat setelah sakit kepala datang mampu meredakan rasa nyeri. Tetapi hal ini hanya berlaku bagi mereka yang jarang meminum kopi atau mengkonsumsinya tidak lebih dari 1 cangkir setiap harinya.  (kilasberita.com/pit

Tags:
About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 comments:

Text Widget

Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top