Sunday, December 4, 2011

Tips Mempertahankan Berat Tubuh Ideal

Posted by kang obet  |  at  6:35 AM No comments

Mendapatkan berat dan bentuk tubuh ideal memang memerlukan usaha yang keras. Tapi lebih sulit lagi untuk mempertahankannya. Anda tentunya tidak mau, diet ketat dan olahraga rutin yang selama ini dilakukan jadi sia-sia karena tidak mampu mengontrol hasrat makan dan berat badan.

Ada beberapa cara mudah untuk mempertahankan berat tubuh ideal. Namun kuncinya hanya satu, lakukan dengan disiplin dan teratur. Berikut ini tipsnya untuk Anda, seperti dilansir Loving You.

1. Variasikan Rutinitas Olahraga

Olahraga rutin memang bisa menjaga berat dan bentuk tubuh ideal. Tapi jangan melakukan gerakan olahraga yang sama dari minggu ke minggu. Tidak hanya membuat Anda bosan berolahraga, tapi latihan yang sama dalam jangka waktu lama juga membuat tubuh terlalu beradaptasi sehingga kalori yang terbakar pun lebih sedikit. Akibatnya, tubuh hanya akan terbentuk di beberapa bagian sementara bagian lainnya jadi kendur. Belum lagi, pengulangan gerakan yang terus menerus juga bisa meningkatkan risiko berat badan kembali naik. Variasikan olahraga Anda dengan mencoba ikut kelas-kelas baru. Misalnya yoga, aerobik atau cardio, jika Anda belum pernah mencobanya. Dengan begitu, metabolisme tubuh akan tetap stabil dan bentuk tubuh ideal bertahan lebih lama.

2. Ganti Menu Diet Secara Berkala

Sama seperti olahraga, diet Anda juga harus bervariasi untuk menghindari kebosanan yang mengakibatkan Anda jadi malas berdiet. Mengonsumsi makanan yang itu-itu saja setiap minggu, akan membuat bosan dan kandungan nutrisi yang diterima tubuh pun tidak maksimal. Cobalah mengganti tiga atau empat menu baru tiap minggunya. Bisa dengan mengganti bumbu, rempah, sayuran, daging atau jenis ikan yang berbeda. Jadikan setiap jadwal makan Anda bervariasi dan selalu menarik. Jadi, Anda tidak akan coba-coba untuk makan junk food, cake, keripik kentang atau butter muffin.

3. Atur Kebiasaan Makan

Buatlah jadwal kapan Anda harus makan pagi, siang, sore dan malam. Selalu patuhi jam-jam tersebut dan makanlah begitu tiba waktunya. Misalnya, jika Anda terbiasa makan siang pukul 12.00, usahakan jangan ditunda. Makan lebih dari jam makan, bisa memicu Anda mengonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya karena merasa sangat lapar. Makan sesuai jadwal, bisa menghindari Anda dari makan terlalu banyak dan mencuri waktu untuk ngemil berlebihan. Anda tidak dilarang untuk ngemil. Jam antara sarapan dan makan siang, atau siang menjelang sore bisa dimanfaatkan untuk konsumsi camilan. Tapi pilih camilan sehat yang kaya gizi namun rendah kalori.

4. Tidur yang Cukup

Saat tubuh kekurangan tidur, hasrat makan biasanya akan menggila dan memicu Anda makan berlebihan karena lelah atau stres. Selain itu, tidur kurang dari 7-8 jam sehari akan menyulitkan tubuh mengumpulkan energi untuk beraktivitas, juga mencerna makanan. Sejumlah penelitian menunjukkan, orang yang mengalami lelah setiap hari, metabolisme tubuhnya akan menurun. Metabolisme rendah, berarti kemampuan tubuh untuk membakar kalori juga lebih sedikit. Jadi, pastikan tidur Anda cukup dan berkualitas.

5. Timbang Berat Badan Sekali Dua Minggu

Sebenarnya, tidak terlalu disarankan untuk berkali-kali menimbang berat tubuh Anda karena bisa memicu kekhawatiran tiap saat. Tapi jika tidak dilakukan setiap hari, bisa membantu Anda mengontrol dan mempertahankan berat badan. Cukup timbang berat badan Anda setiap dua minggu sekali. Tujuannya, untuk memonitor dan mengingatkan jika Anda sudah mulai berlebihan mengonsumsi makanan berlemak atau berkalori tinggi.

Tags:
About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 comments:

Text Widget

Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top