Tuesday, November 15, 2011

Belajar yoga untuk pemula

Posted by kang obet  |  at  12:42 AM No comments

Apakah anda termasuk salah satu orang yang takut untuk memulai latihan yoga? Dengan alasan “Aduh!!! Badan saya kaku, tidak pernah bisa cium lutut” atau “Lho? Yoga kan olahraga untuk orang yang lentur” atau “Badan saya terlalu gendut ah! Malu..!!” Sebenarnya ungkapan itu semua adalah persepsi yang salah. Justru dengan latihan yoga, sendi-sendi yang tadinya kaku menjadi lentur, otot-otot yang bulky menjadi lean dan lemak-lemak bisa dibakar jika anda rajin berolahraga.

Kelenturan atau fleksibilitas sama artinya dengan kenyamanan. Dengan gaya hidup perkotaan yang melibatkan duduk di depan komputer dan berada di dalam kendaraan dari pagi sampai malam setiap hari, pada akhirnya akan mengurangi kelenturan tubuh. Sehingga tanpa disadari semakin kita bertambah umur, tubuh kita akan kehilangan kelenturan, otot menjadi kaku, gerakan tubuh menjadi terbatas dan kita lebih rentan terkena sakit pinggang dan punggung bahkan keseleo sekalipun.

Banyak ahli berpendapat bahwa hanya dengan 10 menit latihan peregangan per hari dapat mengindari kerusakan prematur sendi dan otot seperti arthritis, scoliosis atau sakit tulang punggung kronis. Stretching atau peregangan memang merupakan syarat umum yang mutlak dilakukan dalam setiap kegiatan olahraga baik itu adalah latihan cardio ataupun latihan beban. Ini menunjukkan betapa pentingnya setiap individu melakukan peregangan dalam menjalankan aktifitas sehari-hari.

Yoga pada dasarnya adalah latihan yang universal, cocok untuk yang tua mapun yang muda, baik untuk yang badannya kaku maupun yang lentur, sangat berguna untuk stretching maupun memperkuat otot dan sendi. Gerakannya dilakukan secara perlahan dengan panduan napas lewat hidung sehingga efek yang dirasakan bisa lebih maksimal. Yoga juga dapat membantu kita untuk lebih awas akan aktifitas sehari-hari yang sekiranya dapat berakibat buruk kepada sendi-sendi kita dikemudian hari.

Kita sebagai manusia memang seringkali menganggap remeh kondisi kesehatan dan daya tahan tubuh kita. Tapi seringkali kita lupa, kesehatan kita ada batasnya bila tidak diimbangi dengan gaya hidup sehat yang mencakup diet yang seimbang dan olahraga yang cukup. Hanya dimulai dari 10 menit setiap hari anda sudah satu langkah lebih maju dalam menjaga kesehatan tubuh dari gangguan penyakit dan stress yang berkepanjangan.

10 Asana untuk Yogi Pemula


10 asana berikut ini dapat dijalankan setiap hari untuk memanjangkan dan melenturkan otot dan sendi. Pakailah baju yang nyaman, lakukan pemanasan untuk menghangatkan otot dan setiap stretching diikuti dengan napas yang panjang dan lembut. Pasti setelah melakukan stretching, badan menjadi lebih segar, pikiran menjadi lebih rileks dan menjalankan aktivitas sehari-hari menjadi lebih ringan dan bertenaga. Selamat mencoba!

1. Stretching Bahu (Urdhva Hastasana)

Ini adalah salah satu masalah yang banyak dialami kaum urban, keseharian yang penuh dengan stress dengan banyaknya tuntutan hidup mengakibatkan bahu kita selalu tegang. Banyak yang berpendapat bahwa bahu adalah tempat kita menyangga beban-beban hidup kita, akibatnya bahu terasa kaku dan leher terasa tegang. Caranya berdiri tegak, rentangkan kedua tangan lurus keatas kepala dengan telapak tangan saling berhadapan. Punggung bagian bawah diusahakan tetap pada lengkungan normalnya. Latihan ini bisa juga dilakukan sambil duduk.

2. Stretching otot lengan atas (Modified Gomukhasana Arms)
Caranya berdiri letakkan tangan kanan dibelakang kepala dan coba turunkan kearah punggung, dengan tangan kiri raih siku sebelah kanan dan perlahan ditarik ke arah belakang kepala. Ulangi dengan tangan kiri. Latihan ini juga bisa dilakukan dalam keadaan duduk.

3. Stretching Dada (Modified Bhujangasana)
Tidur tengkurap, kemudian sematkan jari2 dibelakang punggung, luruskan siku anda, kemudian tarik perlahan2 ke arah belakang sehingga tulang dada sedikit terangkat. Jangan dihentak keatas dan jika merasa kurang nyaman di punggung bagian bawah segera kembali ke posisi tengkurap. Latihan ini bisa juga dilakukan dalam posisi berdiri

4. Stretching Punggung (Jathara Parivartanasana)
Pose ini sangat berguna untuk melemaskan otot-otot punggung yang sangat sering kaku. Ini juga adalah salah satu area tubuh dimana kita paling sering merasa tegang. Di pagi hari biasanya timbul mungkin dari posisi atau kualitas tidur yang kurang baik, juga di malam hari setelah kita seharian duduk di meja kerja ditambah dengan waktu yang mau tidak mau dilewati duduk dalam kendaraan  Caranya tidur terlentang tekuk paha kanan ke arah dada, kemudian dengan tangan kiri tarik paha kanan ke arah kiri ke lantai. Usahakan bahu sebelah kanan tetap rileks. Ulangi dengan kaki kiri.

5. Stretching Paha Dalam (Baddha Konasana)
Duduk tegap, tekuk kaki kearah dalam, temukan kedua telapak kaki di tengah2, pegang jari-jari kaki dengan tangan lalu dengan bantuan siku dorong paha kearah lantai

6. Stretching Paha Atas (Virasana)
Duduk tegap, lipat kaki kanan sehingga pergelangan kaki berada disebelah luar tulang duduk kanan. Ulangi dengan kaki kiri

7. Stretching Paha Belakang (Janu Sirsasana)
Satu lagi daerah dimana kita seringkali merasa kaku. Secara umum, juga dikarenakan aktifitas kita yang banyak duduk dan tidak bergerak aktif. Bagi wanita seringkali diperparah dengan pemakaian hak tinggi yang menekan otot hamstring. Caranya duduk tegap, tekuk kaki kanan sehingga telapak kaki bertemu dengan paha dalam sebelah kiri. Coba membungkuk kedepan raih lutut kiri, usahakan punggung tetap lurus. Ulangi dengan kaki kiri

8. Stretching Otot Betis (Dandasana)
Duduk tegap, kedua kaki diluruskan kedepan, tangan disamping pinggul di lantai dengan bahu yang tetap rileks. Aktifkan jari-jari kaki sehingga arah jari menghadap ke masing-masing lutut

9. Stretching Pergelangan Kaki (Malasana)
Duduk jongkok kemudian usahakan tumit belakang rata dengan tumit depan. Untuk keseimbangan tangan boleh menyangga badan

10. Relaksasi (Savasana)

Tidur terlentang, pejamkan mata, napas seperti biasa dan usahakan tidak bergerak selama beberapa menit. Ini adalah pose yang paling penting karena dengan diam kita bisa merasakan semua sensasi peregangan yang baru saja dilakukan juga memberi kesempatan bagi tubuh kita untuk mengembalikan energi yang telah terkuras sehingga pasa saat kita membuka mata tubuh terasa lebih segar dan berenergi.

About the Author

Write admin description here..

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

Related posts

0 comments:

Text Widget

Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.
back to top